Dimana Aku Akan Bekerja?


     Peristiwa ini sebenarnya sudah cukup lama berlalu, sekitar lima hari yang lalu. Namun ingatan ini tiba-tiba terlintas dalam pikiranku dan membuatku menjadi sadar bahwa pertanyaan itu penting untuk dijawab. Ketika aku menjalani interview kerja di sebuah perusahaan dan aku memutuskan untuk menolaknya, sang boss kemudian bertanya dengan sedikit kesal, "memangnya kamu mau bekerja di mana, di bidang apa?". Aku hanya cengar-cengir dan menggaruk-garuk kepalaku yang tidak gatal.
     Aku beralibi dengan mengatakan bahwa aku masih mencari jati diri, masih ingin mencoba kesana kemari sampai aku akhirnya menemukan yang pas. Alasan itu aku ungkapkan karena sebenarnya aku tidak tahu mau jawab apa. Namun setelah pertanyaan itu muncul lagi dalam ingatanku, akupun mulai berpikir pekerjaan apa yang sebenarnya aku mau. Dalam bidang apa aku ingin bergelut.
     Tidak butuh waktu lama untuk mencari, aku sebenarnya sudah tahu apa yang aku senangi hanya saja belum menyadari. Sejak lama aku sudah ingin menjadi penulis. Sampai-sampai aku pernah berusaha untuk berhenti kuliah supaya aku bisa pindah jurusan tapi gagal. Tapi aku tidak tahu bagaimana aku harus memulai, dimana aku harus mencoba supaya aku bisa bekerja sesuai dengan hobiku ini.
     Aku ingin bekerja di bidang industri kreatif. Entah itu perusahaan majalah, media massa, atau semacamnya. Spesifiknya aku ingin menjadi bagian dari proses penulisannya, misalnya penulis artikel, creative writer, editor, translator, dan lain-lain. Tapi di kota tempat tinggalku ini apakah aku bisa menemukan pekerjaan seperti itu? Belum lagi dengan persepsi orang tuaku yang mungkin akan menganggapku terlalu berangan-angan jika menginginkan pekerjaan semacam itu. Tapi yang namanya mimpi tidak bisa dibatasi, tidak bisa dihalangi. Aku hanya akan terus berusaha dan berdoa. Jika Tuhan menghendaki semua akan terlaksana seturut waktu dan kehendak-Nya. Aku percaya itu :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kenapa Berhenti?

OMG, Kulitku Iritasi! Gimana Dong?

I Miss The Real, Simple, and Deep Friendship